Konsep Mendatangkan Trafik Blog dari Media Sosial

mendatangkan trafik blog dari media sosial

Media sosial termasuk salah satu sumber trafik yang dapat kita gunakan. Dalam tulisan ini saya akan mengulas tentang konsep mendatangkan trafik dari media sosial. Dengan memahami konsep yang saya bahas, Anda akan andal dalam mendatangkan trafik blog dari media sosial.

Konsep yang akan kita bahas ini berlaku untuk berbagai media sosial.

2 Kunci Sukses Pemasaran Melalui Media Sosial

Ada dua kunci sukses dalam melakukan pemasaran melalui media sosial. Dua kunci sukses tersebut antara lain : jumlah followers yang besar dan konten yang tepat.

Semakin banyak jumlah pengikut kita di media sosial, hal itu bisa jadi semakin baik. Kenapa? Sebab ketika kita punya banyak pengikut, maka pesan yang kita sampaikan akan sampai ke banyak orang.

Apalagi jika pengikut-pengikut tadi merupakan pengikut yang loyal. Ketika pengikut kita loyal, maka mereka cenderung akan lebih mudah untuk kita pengaruhi. Entah itu kita ajak mereka mengunjungi web kita, menyebarkan konten kita, atau bahkan membeli produk yang kita tawarkan.

Berikut beberapa contoh publik figur yang sukses membangun loyalitas dari para pengikutnya. Saya sengaja pakai dua publik figur ini (Raditya Dika dan Maudy Ayunda) karena saya cukup aktif mengikuti mereka di media sosial. Saya menyukai karya-karya Raditya Dika, plus saya juga fans dari Maudy Ayunda. 🙂

Raditya Dika memanfaatkan Twitter untuk promosi film terbarunya.
Raditya Dika memanfaatkan Twitter untuk promosi film terbarunya.
Tingkat interaksi yang sangat tinggi dari fans Maudy terhadap akun Instagram Maudy Ayunda.
Tingkat interaksi yang sangat tinggi dari fans Maudy terhadap akun Instagram Maudy Ayunda.

Lantas, bagaimana cara supaya bisa punya banyak pengikut di media sosial?

Ada dua hal yang menjadikan kita punya banyak pengikut di media sosial. Dua hal tersebut adalah marketing yang berhasil dan konten yang tepat. Ketika konten yang kita sampaikan tepat untuk target pasar, plus didukung oleh marketing yang gencar, maka kita akan punya banyak pengikut di media sosial.

Konten yang tepat ini merupakan konten yang sesuai dengan kebutuhan target pasar. Apakah target pasar butuh konten yang menghibur? Butuh konten yang solutif? Atau konten yang seperti apa?

Ketika konten kita berkualitas, orang-orang akan lebih tertarik untuk mengikuti kita di media sosial.

Perlu Marketing yang Gencar

Konten yang berkualitas saja belum cukup. Anda perlu publisitas. Orang-orang harus tahu bahwa Anda punya konten yang berkualitas. Nah, supaya orang-orang tahu, maka perlu yang namanya publisitas. Anda juga harus aktif memasarkan website/konten Anda.

Akun media sosial yang punya banyak pengikut pasti dipromosikan/mendapat publikasi dalam jumlah besar. Agar halaman Facebook Anda disukai oleh 1000 orang, maka tentu harus ada 1000 orang dulu yang tahu tentang halaman Anda. 1000 orang saja belum cukup. Kenapa? Sebab orang yang tahu belum tentu mau menyukai halaman Anda. Untuk itu, kalau ingin akun Twitter Anda diikuti oleh 1000 orang, maka Anda perlu mempromosikan akun Twitter tadi ke lebih dari 1000 orang (mungkin 1500 orang, 2000 orang, atau lebih).

Dalam upaya membangun sumber trafik dari media sosial, kita perlu “berinvestasi” pada channel media sosial yang kita miliki. Sebab channel media sosial inilah yang akan kita pakai untuk memublikasikan konten-konten blog kita. Channel media sosial ini bisa berupa :

  • halaman Facebook,
  • akun di Facebook,
  • akun Twitter,
  • akun Instagram,
  • channel YouTube,
  • dan lain sebagainya.

Investasi yang saya maksud di sini adalah kita mencurahkan waktu, tenaga, dan uang untuk mengembangkan channel-channel media sosial yang kita miliki. Selanjutnya, barulah channel tadi kita pakai untuk kegiatan marketing.

Yang Bisa Kita Lakukan…

Yang bisa kita lakukan ada dua hal, yakni :

  1. Isi channel medsos (media sosial) kita dengan konten yang berkualitas (sesuai dengan kebutuhan target pasar).
  2. Promosikan channel medsos kita.

Promosi channel media sosial dapat kita lakukan lewat berbagai media. Minimal dengan mempromosikan akun media sosial tadi di blog. Contoh, Anda bisa promosikan halaman Facebook Anda lewat like box di blog.

Dalam setiap tulisan di blog, Anda juga bisa memuat ajakan agar orang-orang mengikuti akun media sosial Anda. Sebagai contoh, lewat halaman ini (buka halaman ini :  Ingin Bertanya) saya mengajak pembaca PanduanBlogging.com untuk ikut aktif terlibat di akun media sosial saya. Ketika saya mengajak orang-orang bertanya lewat akun Twitter, saya mencoba membuat mereka engage dengan akun Twitter saya.

ajakan engage di twitter
Contoh ajakan yang saya buat di website PanduanBlogging.com. Ajakan ini ditujukan agar pembaca PanduanBlogging lebih aktif terlibat dengan akun Twitter saya.

Selain lewat blog, kita juga bisa mempromosikan akun media sosial melalui iklan, forum, ataupun sarana-sarana marketing lainnya. Saya juga aktif mempromosikan akun media sosial saya lewat buku-buku yang saya tulis. 🙂

Seiring berjalannya waktu, pasti akun media sosial kita akan mulai punya banyak pengikut. Nah, saat itulah kita tinggal memanfaatkan akun media sosial tadi sebagai salah satu sarana promosi konten blog. Bagikan konten blog lewat akun-akun medsos tadi, maka Anda sudah punya sumber trafik baru.

Bayangkan Anda punya halaman Facebook yang disukai oleh 10.000 orang. Setiap kali Anda membagikan konten lewat halaman tersebut, sudah tentu ribuan orang akan melihat konten tersebut. Dari ribuan orang tadi, sebagian dari mereka pasti akan berkunjung ke blog Anda. Dengan demikian, Anda sudah kedatangan banyak pengunjung.

Nah teman-teman, itulah konsep mendatangkan trafik dari media sosial. Intinya kita perlu menyajikan konten berkualitas di akun medsos kita. Selanjutnya, promosikan akun medsos tadi. Ketika kita punya banyak pengikut di medsos, kita tinggal memanfaatkan akun tersebut sebagai salah satu sarana promosi konten blog kita.

Jefferly Helianthusonfri

banner 4

 

 

Written By Blog07

PanduanBlogging.com adalah kursus online yang menyediakan tutorial untuk menjadi blogger profesional. Dengan bergabung di PanduanBlogging.com, Anda akan dipandu untuk membangun blog yang bermanfaat bagi Anda. Daftarkan diri Anda di PanduanBlogging.com.

One Comment on “Konsep Mendatangkan Trafik Blog dari Media Sosial

  1. […] Dalam tulisan ini, saya akan sharing beberapa cara untuk mendatangkan trafik blog dari Facebook. (Pastikan sebelumnya Anda sudah membaca tulisan ini : Konsep Mendatangkan Trafik dari Media Sosial.) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *